Author Topic: Listrik Prabayar (VS) Listrik Pascabayar  (Read 11833 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 10, 2010, 08:16:49 PM
Read 11833 times

k4b4y4n

  • 10 kB/s
  • Offline
  • *
  • Posts: 26
  • 0
Malem agan-agan semua, ada yg bisa bantu jelasin apa itu Listrik Prabayar dan Listrik Pascabayar, pasti ada keuntungan dan kerugian nya kan...? buat para owner atow OP atow teknisi warnet yg pasti nya udah berpengalaman soal ini, kemudahan nya, bayar listrik nya, atow apa lah itu yg berkaitan dengan ini, perkembangan kedepan nya juga seperti apa.atow yg di rumah nya udah pake listrik yg prabayar...? bisa bantu jelasin... sharing gitu lah... ngomong apa ya gw...  gw sendiri aja bingung, yg jelas inti nya lebih baik mana, listrik prabayar atow listrik pasca bayar...???

May 10, 2010, 09:33:30 PM
Reply #1

alca_de_bryant

  • 100 kB/s
  • Offline
  • ***
  • Posts: 294
  • 4
kalo di lihat dg seksama untuk Listrik rumah Tangga 450-900/kwh TDLnya lebih murah dri Prabayar yg KWHnya 1380.. Keunggulanya di hapuskanya Beban, dimana di Paskabayar Beban masih berlaku

May 10, 2010, 10:40:31 PM
Reply #2

k4b4y4n

  • 10 kB/s
  • Offline
  • *
  • Posts: 26
  • 0
Quote from: alca_de_bryant on May 10, 2010, 09:33:30 PMkalo di lihat dg   untuk Listrik rumah Tangga 450-900/kwh TDLnya lebih murah dri Prabayar yg KWHnya 1380.. Keunggulanya di hapuskanya Beban, dimana di Paskabayar Beban masih berlaku450-900/kwh itu untuk daya terpasang  berapa watt...? trs kok beda nya jauh banget ya ama yg  Prabayar, kalo gitu berarti mendingan listrik yg Pascabayar dunk, secara harga/kwh nya lebih murah, gw rencana mau pasang yg 2200Watt buat warnet, mendingan yg Prabayar atow yg Pascabayar ya...?

May 10, 2010, 11:20:32 PM
Reply #3

alca_de_bryant

  • 100 kB/s
  • Offline
  • ***
  • Posts: 294
  • 4
kalo aku sih recomended yang pascabayar.., warnetq dua2nya pascabayar semua 

May 11, 2010, 11:56:21 AM
Reply #4

hajime

  • 512 kb/s
  • Offline
  • ****
  • Posts: 874
  • 32
Pada akhirnya, semua sambungan listrik akan memakai sistem prabayar. Hal ini dilakukan PLN dalam rangka efisiensi.Sebagaimana kita ketahui, listrik dengan sistem pascabayar, adalah kita menggunakan energi listrik terlebih dahulu, kemudian pencatatan angka kwh meter- yang menjadi dasar pembayaran di bulan berikutnya. Keuntungan cara ini, pelanggan tidak perlu repot memasukkan kode voucher setiap bulannya, dan cukup pergi ke loket pembayaran listrik setiap bulan. Kelemahannya adalah, dari sisi PLN, dengan sistem Pascabayar, terkadang pelanggan bisa melakukan pencurian listrik, misalnya daya terpasang 450 kwh, namun banyak pelanggan secara sepihak memanipulasi meteran listrik sehingga dayanya menjadi loss melebihi daya terpasang 450 kwh. Dari sisi pelanggan, apabila terjadi keterlambatan bayar, akan dikenakan denda, dengan resiko terlambat selama tiga bulan akan dicabut haknya menggunakan meteran PLN. Dengan sistem pasca bayar, terkadang terjadi kesalahan pencatatan antara yang tertera di meteran pelanggan dengan data yang dimiliki PLN.Sementara dengan sistem prabayar, penggunaan listrik dilakukan dengan terlebih dahulu menggunakan voucher dari PLN, sehingga kita tidak perlu melakukan pembayaran setiap bulannya. Kelebihannya, kita tidak lagi repot harus membayar biaya beban, berapa yang kita gunakan sesuai dengan kapasitas meteran, tidak ada denda, dan tidak ada resiko pencabutan meteran listrik lagi, bahkan pencurian listrik bisa ditekan. Karena, apabila kita melakukan loss meter, maka voucher otomatis terbakar (tidak bisa dipakai), dan apabila kita mengganti mcb, misalnya dari 4 amper ke 9 amper, maka pemakaian akan tetap sesuai dengan nilai voucher kita.Mengenai tarif, menjelang April 2010, semua tarif pelanggan baik pra bayar, maupun pasca bayar akan sama, berada di ksiaran Rp 1380/ kwh, karena tidak ada lagi subsidi listrik, baik untuk keperluan rumah tangga maupun keperluan industri.

May 14, 2010, 10:29:04 PM
Reply #5

k4b4y4n

  • 10 kB/s
  • Offline
  • *
  • Posts: 26
  • 0
Quote from: hajime on May 11, 2010, 11:56:21 AMPada akhirnya, semua sambungan listrik akan memakai sistem prabayar. Hal ini dilakukan PLN dalam rangka efisiensi.Sebagaimana kita ketahui, listrik dengan sistem pascabayar, adalah kita menggunakan energi listrik terlebih dahulu, kemudian pencatatan angka kwh meter- yang menjadi dasar pembayaran di bulan berikutnya. Keuntungan cara ini, pelanggan tidak perlu repot memasukkan kode voucher setiap bulannya, dan cukup pergi ke loket pembayaran listrik setiap bulan. Kelemahannya adalah, dari sisi PLN, dengan sistem Pascabayar, terkadang pelanggan bisa melakukan pencurian listrik, misalnya daya terpasang 450 kwh, namun banyak pelanggan secara sepihak memanipulasi meteran listrik sehingga dayanya menjadi loss melebihi daya terpasang 450 kwh. Dari sisi pelanggan, apabila terjadi keterlambatan bayar, akan dikenakan denda, dengan resiko terlambat selama tiga bulan akan dicabut haknya menggunakan meteran PLN. Dengan sistem pasca bayar, terkadang terjadi kesalahan pencatatan antara yang tertera di meteran pelanggan dengan data yang dimiliki PLN.Sementara dengan sistem prabayar, penggunaan listrik dilakukan dengan terlebih dahulu menggunakan voucher dari PLN, sehingga kita tidak perlu melakukan pembayaran setiap bulannya. Kelebihannya, kita tidak lagi repot harus membayar biaya beban, berapa yang kita gunakan sesuai dengan kapasitas meteran, tidak ada denda, dan tidak ada resiko pencabutan meteran listrik lagi, bahkan pencurian listrik bisa ditekan. Karena, apabila kita melakukan loss meter, maka voucher otomatis terbakar (tidak bisa dipakai), dan apabila kita mengganti mcb, misalnya dari 4 amper ke 9 amper, maka pemakaian akan tetap sesuai dengan nilai voucher kita.Mengenai tarif, menjelang April 2010, semua tarif pelanggan baik pra bayar, maupun pasca bayar akan sama, berada di ksiaran Rp 1380/ kwh, karena tidak ada lagi subsidi listrik, baik untuk keperluan rumah tangga maupun keperluan industri.penjelasan nya mantebs...  trs kalo beneran ntar tarif listrik bakalan di samain di kisaran Rp. 1380/kwh, gimana nasib nya warnet yg pasang tarif "gila".....? btw... yg lain mana neh...? gak ada yg bisa jelasin gitu...

May 15, 2010, 03:47:54 PM
Reply #6

krisnasip

  • 10 kB/s
  • Offline
  • *
  • Posts: 18
  • 0
Hmmm di Bekasi gue dapat promo rp. 750 / kwh untuk listrik pra bayar

May 31, 2010, 09:14:05 PM
Reply #7

obiepras

  • RTO
  • Offline
  • *
  • Posts: 2
  • 0
kalo d wa saya yg prabayar gankalo yg pasca dipake ga di pake abodemennya 1juta lebih soalnya pake yg 5500wattdan alhasil bisa teken biaya dpengeluaran d listriksoalnya opreator bisa tugasin slalu ngecek sisa voucher nya alhasil bisa penghematan beban listrik

February 17, 2011, 05:59:36 PM
Reply #8

QuyaNgora

  • WF Moderator
  • Offline
  • *****
  • Posts: 327
  • 10
Ane masih pake yg pascabayar, bulan ini tagihan listrik ane melonjak, yg tadinya kisaran 2,5jt, kini melambung ke 6,5jt dan jika dicek untuk bulan bayar berikutnya bisa lebih dari segitu  Rencana mau pindah ke prabayar, tapi mau denger dulu nih pengalaman agan2 semua di sini yang udah pake, gimana efeknya ke biaya pengeluaran listriknya, lebih ngiritkah, lebih mahalkah, atau malah sama aja? BTW, TDL yang seperti bro Hajime infokan kok belum berlaku ya? mudah2an aja kaga ada kenaikan seperti itu, bisa jebol dah warnet2, pendapatan ngga seberapa, eh listriknya selangit 

February 18, 2011, 11:10:33 AM
Reply #9

Adhiete

  • Moderator
  • Offline
  • *******
  • Posts: 976
  • 13
Saat ini listrik udah naik kok. Pada Mei 2010 awal tagihan listrik melonjak dari 600 ke 800. Hingga saat ini juga masih sama. Mudah2an juga TDL untuk tahun depan g naik lagi. Pusing juga ini. Lama2 warnet kecil bisa ambruk.

February 23, 2011, 10:06:30 PM
Reply #10

QuyaNgora

  • WF Moderator
  • Offline
  • *****
  • Posts: 327
  • 10
Quote from: Adhiete on February 18, 2011, 11:10:33 AMSaat ini listrik udah naik kok. Pada Mei 2010 awal tagihan listrik melonjak dari 600 ke 800. Hingga saat ini juga masih sama. Mudah2an juga TDL untuk tahun depan g naik lagi. Pusing juga ini. Lama2 warnet kecil bisa ambruk. Bener om, lama2 malah ngga nutup kalau TDL nya naik terus 

April 24, 2011, 06:38:57 PM
Reply #11

rrhakim

  • 512 kb/s
  • Offline
  • ****
  • Posts: 760
  • 5
Quote from: QuyaNgora on February 23, 2011, 10:06:30 PMBener om, lama2 malah ngga nutup kalau TDL nya naik terus  tarif dinaikin nih harusnya...

June 14, 2011, 04:43:00 AM
Reply #12

alsupey

  • 10 kB/s
  • Offline
  • *
  • Posts: 33
  • 0
Quote from: k4b4y4n on May 10, 2010, 08:16:49 PMMalem agan-agan semua, ada yg bisa bantu jelasin apa itu Listrik Prabayar dan Listrik Pascabayar, pasti ada keuntungan dan kerugian nya kan...? buat para owner atow OP atow teknisi warnet yg pasti nya udah berpengalaman soal ini, kemudahan nya, bayar listrik nya, atow apa lah itu yg berkaitan dengan ini, perkembangan kedepan nya juga seperti apa.atow yg di rumah nya udah pake listrik yg prabayar...? bisa bantu jelasin... sharing gitu lah... ngomong apa ya gw...  gw sendiri aja bingung, yg jelas inti nya lebih baik mana, listrik prabayar atow listrik pasca bayar...??? gw kmrnan pake pasca bayar, baru 1 bulan ini beralih ke Pra bayarkata org PLN lebih murah, kenyataannya lebih mahaldulu bayar cuma 500an, skrg 800-900ankeuntungannyaapa ya?????gw sih sebenernya gak mau ganti, kalau gak HARUS ningkatin daya jadi 3500 dari 2000skrg kalo ningkatin daya harus migrasi ke PRA BAYAR SURAMMMM